Minggu, 08 November 2015

Penuntun Jalan 33



Penuntun Kembali Ke Jalan Yang Benar 33

Tanya :
Saya tidak sudi mati, tetapi kenapa cepat lambat juga harus mati? Saya ingin naik ke Surga tapi kenapa malah jatuh ke Neraka? Anda bilang saya berhak menentukan kelahiran dan kematian sendiri, saya sungguh tidak mengerti.

Jawab :
Ini juga tidak sulit dipahami, ini disebut dengan Hukum Sebab Akibat. Ada sebab pasti ada akibat, ada akibat pasti ada sebabnya. Perbuatan yang anda lakukan adalah benih sebab, balasannya adalah buah akibat. Umpamanya pada kelahiran ini perbuatan yang anda lakukan adalah sesuai dengan persyaratan Alam Manusia, maka pada kelahiran yang akan datang, anda masih bisa terlahir kembali ke Alam Manusia.

Demikian pula bila pada kehidupan ini perbuatan anda sesuai dengan persyaratan Alam Surga/Alam Dewa maka pada kehidupan mendatang anda bisa terlahir ke Alam Surga. Alam-alam lainnya juga serupa halnya.

Ini sama dengan menanam bibit buah memperoleh buah, menanam bibit kacang memperoleh kacang, Dewa juga tidak bisa mengubah kacang jadi sebutir buah. Jadi sekarang yang anda tanam adalah benih Alam Manusia, Dewa juga tidak bisa memaksakan kehendak mengubah dirimu jadi hewan, ini sangat jelas.

Lebih jelasnya lagi, melakukan kebajikan memperoleh berkah, melakukan kejahatan memperoleh petaka. Berbuat baik atau jahat hanya anda sendiri yang bisa menentukannya, maka urusan lahir dan mati, berkah dan petaka, bukankah anda sendiri juga yang berhak menanganinya?  

Penulis : Upasaka Zhan De-ke
Disahkan oleh : Master Yin Guang


歧路指歸
 (三十三)

【問】我不願意死,怎麼早晚都要死呢?我願意上天堂,怎麼往往入了地獄呢?你說生死全是自己管得著的話,我真不明白了。

【答】這也沒有什麼難明白的,這就叫做因果。有因就有果,有果必有因。你所做的事情就是因,所得的報應就是果。比方說你今生的作為合乎人的道理,那麼你來生就還是個人。你今生的作為和天道相似,那麼來生就昇天。其搭各道,都是如此。這就和種瓜的得瓜,種豆的得豆,神不能教他變一棵瓜。那麼你種的是人的因,神自然不能強把你變作畜生,這是很顯然的,再說的簡單一點,就是作善的德福,作惡的得禍。作善作惡既然你自己可以作主,那麼死生禍福,還不是自己管得著嗎?

印光大師 鑑定
戰德克 編述