Penuntun
Kembali Ke Jalan Yang Benar 135
Tanya
:
Setiap
perkataan anda memang ada benarnya, hanya saja kepribadian anda tidak begitu
bagus, hari ini pokok bahasannya terlalu banyak sehingga saya merasa agak
kabur. Bolehkan anda meringkasnya dari awal, agar saya bisa memahaminya dengan
mudah, apakah anda masih bisa bersabar?
Jawab
:
Tentu
saja boleh, saya akan membuat poin-poin penting berikut ini, yakni :
1. Harus diketahui bahwa kesadaran (Alaya-vijnana) manusia takkan mati, Hukum Karma pasti berlaku. Jika ingin mengakhiri roda samsara maka harus belajar Ajaran Buddha.
2. Menganut kepercayaan yang buruk akan membawa
bahaya besar. Ajaran Buddha merupakan ajaran tertinggi dan mendalam, merupakan
yang paling murni, sejarah telah membuktikan, sepanjang masa pemeluknya semakin
banyak, maka itu kita harus meyakini Ajaran Buddha.
3. Aliran di dalam Ajaran Buddha banyak sekali,
kebanyakan sulit dipelajari. Yang paling mudah dan praktis tak lain adalah
Aliran Tanah Suci, maka itu kita belajar Ajaran Buddha seharusnya memilih
Aliran Sukhavati.
4. Praktisi Aliran Sukhavati seharusnya
menyadari bahwa dunia ini amatlah menderita, Alam Sukhavati barulah kebahagiaan
yang sebenarnya, Buddha Amitabha adalah maha maitri maha karuna. Asalkan
menfokuskan pikiran melafal Amituofo, saat menjelang ajal Buddha Amitabha pasti
datang menjemput, ini pasti takkan salah.
5. Praktisi pelafal Amituofo, tidak boleh
mendambakan dunia ini, harus memiliki tekad terlahir ke Alam Sukhavati. Juga
bertekad menyelamatkan semua makhluk, bersama-sama terlahir ke Alam Sukhavati.
6. Praktisi Tanah Suci seharusnya setiap saat
membangkitkan ketulusan melafal Amituofo. Lafalan Amituofo tak terpisahkan dari
mulut, tasbih tak terpisahkan dari tangan, yang paling bagus dapat melafal
hingga mencapai “Pikiran terfokus tak tergoyahkan”, maka ini baru bisa
diandalkan, tetapi juga tidak mudah mencapai “Pikiran terfokus tak
tergoyahkan”, terutama faktor yang terpenting adalah keyakinan dan tekad.
7. Praktisi Pelafal Amituofo, seharusnya menaati
Lima Sila yakni tidak membunuh, tidak mencuri, tidak melakukan perbuatan
asusila, tidak berbohong, tidak minum minuman keras. Selain itu juga
memperbanyak melakukan kebajikan sesuai dengan kemampuan yang ada.
8. Praktisi Ajaran Buddha seharusnya melimpahkan
seluruh jasa kebajikan ke Alam Sukhavati. Jangan hanya berharap terhindar dari
musibah saja, atau menikmati berkah Alam Dewa dan Manusia.
9. Praktisi yang belajar Ajaran Buddha,
seharusnya senantiasa menasehati orang lain agar ikut melafal Amituofo,
keluarga dan kerabat lebih penting lagi. Supaya saat menjelang ajal, mereka
bisa memberi bantuan melafal Amituofo.
10. Praktisi yang belajar Ajaran Buddha, tidak
boleh percaya pada buku-buku aliran luar. Bila ada hal yang kurang dipahami,
boleh bertanya pada mereka yang khusus mendalami Ajaran Buddha, tidak boleh
percaya pada kata-kata orang aliran luar atau aliran kepercayaan.
Sepuluh
butir di atas, asalkan anda dapat mengingatnya, membangkitkan keyakinan benar
dan tekad bulat, maka memiliki kepastian untuk terlahir ke Alam Sukhavati.
Terlebih dulu saya akan memberimu ucapan selamat.
Penulis
: Upasaka Zhan De-ke
Disahkan
oleh : Master Yin Guang
歧路指歸
(一三五)
【問】您的話句句都好,不過性很不好,今天談的話又太多,我覺得有點模糊了。請您再取簡單了當的重說逼遍,不知您還耐煩嗎?
【答】可以,我且分成幾條來說:
一、 要知人的神識不滅,因果報應是真時的。要脫離六道輪迴,必須學佛。
二、 信仰不好的教門害處很大。佛教的教理最高深,宗旨最純正,歷史最久遠,信徒最眾多,所以我們應該信佛教。
三、 佛教的法,法門很多,大概多很難學。最方便最容易的,莫如淨土宗所以我們學佛,應該學淨土宗。
四、 修淨土的人該信這個世界真苦,極樂世界是真樂,阿彌陀佛是大慈大悲的。祇要我們一心念佛,臨終佛自然來接引,一定不會錯。
五、 修淨土的人,必須願意脫離這個世界,必須願意往生極樂世界,也必須一切眾生,同生極樂世界。
六、 修淨土的人,應當時常誠心念佛。佛號不離口,唸珠不離手,最好能念到一心不亂,就的確可靠了,但不容易達到一心不亂,尤其以信願最為重要。
七、 念佛的人,應該尊守五戒,不殺生,不偷盜,不邪淫,不妄語,不飲酒。併照著自己的力量,隨時隨地多行善事。
八、 學佛的人,應該把念佛行善等一切功德,完全回向淨土。不可但求消災免難,或求天上人間的一切好處。
九、 學佛的人,應該隨時隨地勸人念佛,自己的眷屬親戚朋友更為要緊。以便臨終的時候,好得到他們的幫助。
十、 學佛的人,不可相信外道的書籍。遇有佛學上不明白的地方,應該請真正研究過佛學的人指導,不可聽信旁門外道的瞎說。
以上十條,你祇要能記住,信得真,往生西方是穩穩噹噹。我可以預先為你祝賀祝賀了。
印光大師 鑑定
戰德克 編述