Penuntun
Kembali Ke Jalan Yang Benar 126
Bab 9. Akhir Kata
Tanya
:
Pada
umumnya disebutkan bahwa Alam Sukhavati memiliki sembilan tingkat bunga
teratai. Apa artinya?
Jawab
:
Setiap
praktisi yang terlahir di Alam Sukhavati, bukan terlahir dari kandungan, tetapi
menjelma melalui Bunga Lotus. Ketika ada praktisi yang melafal Amituofo di
dunia kita ini, maka di Kolam Tujuh Mustika di Alam Sukhavati, akan tumbuh
sekuntum Bunga Lotus. Di dalam Bunga Lotus terdapat sebuah tahta yang disebut
sebagai Singgasana Teratai.
Semakin
banyak praktisi yang melafal Amituofo, maka kuntum-kuntum Bunga Lotus yang
tumbuh di Kolam Mustika akan semakin banyak, semakin tinggi ketrampilan melafal
Amituofo yang dimiliki sang praktisi maka Bunga Lotus di Kolam Mustika akan
semakin subur (kalimat kedua dari Gatha Pelimpahan Jasa yakni “menwibawakan
Tanah Suci Sukhavati”, inilah makna yang terkandung di dalamnya).
Ketika
praktisi itu menjelang ajalnya, Buddha Amitabha akan membawa sekuntum Bunga
Lotus, bersama Bodhisattva Avalokitesvara dan Bodhisattva Mahasthamaprapta serta
para makhluk suci lainnya, datang ke hadapan si praktisi. Kesadaran (Alaya-vijnana) si praktisi akan
masuk ke dalam Bunga Lotus, dalam sekejab mata terlahir ke Alam Sukhavati,
begitu Bunga Lotus bermekaran, bertemu wajah keemasan Buddha Amitabha dan para
Bodhisattva lainnya, mendengar pembabaran Dharma dari Buddha Amitabha, perlahan
memahami kebenaran Buddha Dharma, perlahan menjadi serupa dengan Bodhisattva
lainnya.
Tetapi
oleh karena setiap praktisi pelafal Amituofo, dalam keseharian, ketrampilan
yang dimiliki oleh masing-masing praktisi itu berbeda-beda, jasa kebajikan
mereka juga berbeda-beda, sehingga Bunga Lotus bermekaran itu juga ada yang
waktunya cepat dan ada yang lambat.
Oleh
karena adanya perbedaan cepat dan lambatnya waktu Bunga Lotus bermekaran,
sehingga ada Sembilan Tingkat Bunga Teratai, tentu saja yang paling bagus
adalah dapat terlahir di tingkatan paling teratas, begitu terlahir di Alam
Sukhavati, Bunga Lotus langsung bermekaran, langsung dapat bertemu dengan
Buddha Amitabha. Tentu saja ini merupakan praktisi yang memiliki jasa kebajikan
yang bagus barulah bisa.
Sedangkan
tingkatan yang paling bawah, harus melewati satu kurun waktu, barulah Bunga
Lotusnya bisa mekar. Semakin banyak kita melafal Amituofo maka semakin bagus,
agar ketika terlahir di Alam Sukhavati dapat mencapai tingkatan yang lebih
tinggi, lebih cepat bertemu dengan Buddha. Tetapi praktisi yang terlahir pada
tingkatan yang paling rendah sekalipun, juga telah berhasil mengakhiri tumimbal
lahir, terbebas dari roda samsara, cepat atau lambat pasti bertemu Buddha
Amitabha dan pasti mencapai KeBuddhaan.
Ini
lebih baik daripada terlahir di Alam Surga maupun Alam Manusia, berpuluh juta kali
lipat, bahkan tak terhingga kali lipat!
Penulis
: Upasaka Zhan De-ke
Disahkan
oleh : Master Yin Guang
歧路指歸
(一二六)
玖、結 語
【問】平常都說極樂世界,有九品蓮臺。這是什麼意思呢?
【答】凡是生到極樂世界去的,都不是肉骨凡胎,皆是從蓮花裡頭生出來的。我們這個世界上,有一個念佛人,極樂世界七寶池中,就生出一朵蓮花來。蓮花下,又有各種的寶臺,所以叫作蓮臺。念佛的人越多,池裡的蓮花也越多。念佛的人功夫越大,池裡的蓮花也格外茂盛(上面回向偈中的莊嚴佛淨土,就是這個意思)。及至念佛的人快要死了,阿彌陀佛,持這朵蓮花,與觀音勢至等菩薩大眾,來接此人。此人的神識,托此蓮花中。往生西方,等到蓮花開了,就可以看見佛菩薩的金面,聽見佛菩薩說法,漸漸明白佛的道理,慢慢的就和菩薩一樣了。但是往生的人,平日念佛的功夫不同,行善的大小不同,所以蓮花開的快慢也不同。按著蓮花開放的快慢,分成九等,這就是平常說的九品蓮臺了。最好的,叫上品上生,一生到西方,蓮花立刻就開,立刻可以見佛。這非得根機很大,功德很好的纔能。最下等的,叫下品下生,要經過很多年代,蓮花纔開。我們念佛越多越好,就是為了往生的時候,品位高,見佛見得快。不過就是下品下生,也已了卻生死,脫離輪迴,早晚一定見佛,一定成佛。比生在天上人間,要好了不知幾千萬倍哩!
印光大師 鑑定
戰德克 編述